TUGAS MANDIRI III, MAKALAH TRANSPORTASI YUDI ARIYANTO(244308070)

TUGAS MANDIRI TRANSPORTASI II

NAMA : YUDI ARIYANTO

NIM : 244308070

 

PERANAN JASA TRANSPORTASI PENYEBERANGAN DI INDONESIA

Jasa angkutan penyeberangan merupakan sarana transportasi pemindahan barang dan penumpang antar pulau yang mengalami peningkatan sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk. Namun perusahaan-perusahaan angkutan penyeberangan terancam bangkrut disebabkan oleh meningkatnya biaya operasional sedangkan pendapatan relatif tetap. Melihat kenyataan tersebut maka perlu dilakukan kajian yang lebih lanjut untuk mengetahui berapa besar tarif yang dikehendaki perusahaan-perusahaan tersebut yang sebenarnya. Tarif ini disebut dengan RFR {Required Freight Rate). Perhitungan RFR (Required Freight Rate) ini menyertakan unsur eksternalitas yang pada umumnya belum termasuk dalam perhitungan biaya operasional per tahunnya, sehingga biaya operasional kapal terdiri dari biaya internal dan biaya eksternal. Metode yang digunakan untuk menghitung biaya eksternal ini adalah metode Stated Preference yaitu dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan datanya. Hasil dari penelitian ini adalah nilai RFR untuk penumpang adalah berkisar antara Rp 1.879,- hingga Rp 8.725,- sedangkan nilai RFR untuk kendaraan dan barang adalah berkisar antara Rp 10.769,- – Rp 40.744,-. Faktor eksternal belum berpengaruh pada RFR penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. Katakunci : Biaya Internal, Biaya Ekstemal, RFR (Required Freight Rate,), Metode Stated Preference.

• Sistem kendali lalu lintas kapal untuk mencapai keselamatan navigasi di pelabuhan tanjung perak surabaya

• Kajian terhadap perilaku dan kepuasan penumpang kapal ferry cepat ambulu rute surabaya-banjarmasin

• simulasi antrian kendaraan roda empat sebelum masuk kapal pada penyeberang an ketapang gilimanuk di banyuwangi

• Studi optimasi sistem operasi pelabuhan penyeberangan penajam-somber propinsi kalimantan timur

• pengaruh kapet terhadap sistem transportasi laut studi kasus kapet mbay ntt

• studi penentuan tarip optimal angkutan laut dikabupaten maluku tenggara barat

• perencanaan sistem transportasi laut di kabupaten buru

• analisa tegangan kritis struktur girder dan penyangga goliath crane di pt pal surabaya dengan metode elemen hingga (finite element method)

• kajian perencanaan distribusi lng dari pulau kalimantan ke pulau jawa

• model agregat pengembangan armada kapal tanker dan analisis dampak kinerja korporat : studi kasus angkutan produk minyak oleh perusahaanpelayarandi indonesia

B. Perumusan Masalah

1. Identifikasi Masalah

Seperti telah diuraikan diatas dimana kapal merupakan salah satu sarana pendukung tranportasi laut khususnya di Indonesia. Kelancaran aktifitas kelancaran bongkar muat barang maupun penumpang maka dapat dijadikan ukuran system kepelabuahan efektif dan efisien.

A. Banyaknya biaya operasional dibandingkan produktivitas jumlah muatan Barang maupun penumpang terhadap kapal

B. Kapal memiliki keunggulan dari segi efisiensi waktu dalam pelaksanaan bongkar muat , tingkat Effective Time di pelabuhan tinggi dibandingkan dengan ringkat Idle Timenya

C. Faktor alam, SDM, sarana dan prasarana di pelabuhan harus turut mendukung proses bongkar muat barang maupun penumpang.

2. Pembatasan Masalah.

Batasan masalah dalam kajian ini adalah mengukur banyaknya biaya operasianoal dengan produktifitas terhadap perusahaan pelayaran terhadap kapal penyeberangan kushusnya pelabuahan ketapang – Gilimanuk

3. Pokok Permasalahan

A Bagaimana system dan prosedur operasi bongkar muat di pelabuahan Ketapang – Gilimanuk

B. Berapa biaya operasional dan produktivita terhadap kapal di pelabuahan Ketapang – Gilimanuk

C Bagaimana peningkatan biaya tarif tiket terhadap kapal di suatu perusahaan pelayaran

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: