BUDI SATRIA STMT/BP3IP

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pengaruh perdagangan bebas akan sulit dibendung, semua negara didunia akan meraskan kebebasan berdagang. Untuk itu diperlukan kesiapan dan siasat agar dunia bisnis dan perdagangan dalam negeri tidak tertinggal oleh perkembangan arus globalisasi. Tanpa kesiapan yang cukup perdagangan bebas hanya akan memberikan keuntungan bagi yang telah terlebih dulu mengantisipasinya.
Salah satu usaha yang perlu dilakukan dalam menghadapi perdagangan bebas yaitu kesiapan Perusahaan Pelayaran khususnya dalam kegiatan penjualan space petikemas, karena melalui kegiatan tersebut perusahaan-perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri, akan semakin memerlukan jasa penjualan space petikemas untuk mengangkut hasil produksinya baik keluar negeri maupun kedalam negeri. Untuk itu, perlu adanya kejelian dalam melihat perkembangan pasar, agar perusahaan mampu bersaing dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.
Dengan adanya harga jual yang kompetitif dengan para pesaing. Berpengaruh terhadap penjualan space petikemas. Oleh karena itu, semakin besarnya arus penerimaan dan pengiriman petikemas diharapkan Perusahaan Pelayaran

akan mendapatkan peningkatan pendapatan perusahaan yang juga harus diimbangi dengan usaha-usaha yang kreatif dan efektif guna mengungguli para pesaing pada sektor tersebut.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengungkapkan dalam bentuk skripsi dengan judul: “ANALISIS HUBUNGAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN SPACE PETIKEMAS PADA SAMUDERA SHIPPING LINE Ltd.JAKARTA”
B. Perumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah
a. Perkembangan harga jual space petikemas
b. Perkembangan volume penjualan space petikemas
c. Hubungan antara harga jual dengan volume penjualan space petikemas
2. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut di atas maka penulis mencoba menganalisa permasalahan yang timbul yaitu hubungan harga jual terhadap volume penjualan space petikemas untuk rute Jakarta – Singapura. Dalam pembahasan ini penulis menitikberatkan pada petikemas 20’ (feet) dan harga jual yang digunakan adalah harga jual rata-rata per triwulan pada tahun 2007-2008.
3. Pokok Masalah
Dari latar belakang permasalahan tersebut diatas diperoleh pokok masalah sebagai berikut :
a. Bagaimana perkembangan harga jual space petikemas ?
b. Bagaimana perkembangan volume penjualan space petikemas ?
c. Bagaimana hubungan antara harga jual dengan volume penjualan space petikemas ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Adapun Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah:
1. Untuk mengetahui perkembangan harga jual space petikemas.
2. Untuk mengetahui perkembangan volume penjualan space petikemas.
3. Untuk mengetahui adanya hubungan antara harga jual dengan volume penjualan space petikemas.
2. Manfaat Penelitian
Dengan mengetahui tujuan tersebut diharapkan dapat bermanfaat :
a. Bagi Penulis
Penulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan penulis dalam menganalisis dan membandingkan antara teori dan praktek.
b. Bagi Perusahaan
Penelitian ini dapat dijadikan sebagai input atau bahan masukan untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang akan diambil dimasa yang akan datang.
c. Bagi STMT
Sebagai bahan untuk menambah kepustakaan dan perbandingan dalam bidang manajemen materi perkuliahan yang diterapkan dalam pengajaran sehari-hari.
D. Metodologi Penelitian
Metodologi Penelitian ini dibagi menjadi 2 ( dua ) bagian:
1. Metode Pengumpulan Data
Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode sebagai berikut:
a. Penelitian Lapangan
Melalui penelitian lapangan akan diperoleh data primer. Penelitian tersebut dilakukan dengan cara:
1) Interview (wawancara) yaitu suatu cara mengumpulkan data melalui hubungan langsung atau tanya jawab dengan responden.
2) Metode observasi yaitu teknik mengumpulkan data dimana penulis langsung mengamati subjek yang diteliti.
b. Penelitian kepustakaan.
Melalui penelitian kepustakaan akan diperoleh data sekunder. Penelitian kepustakaan termasuk hasil penelitian melalui segala bahan tertulis dalam bentuk teks books, jurnal, brosur, dan sumber tertulis lainnya yang relevan dengan judul skripsi serta dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
2. Metode Analisis Data
Metode Analisis Data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah perhitungan korelasi dengan menganalisis suatu data menggunakan model matematika, model statistik atau model lainnya. Walaupun hasil analisis berupa angka-angka,hasil tersebut dapat dijelaskan atau diinterpretasikan dalam suatu uraian sihingga maknanya dapat diketahui dengan jelas, dengan perkataan lain angka-angka itu harus berbicara. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas ( variabel x ) adalah harga jual. Untuk memperoleh variabel terikat ( variabel y ) adalah volume penjualan space petikemas yang menunjukkan persamaan hubungan antara dua variabel, pada skripsi ini penulis dapat menggunakan :
a. Analisis Regresi Linear Sederhana
Digunakan untuk mengetahui sejauh mana ketergantungan ataupun hubungan antara variabel harga jual terhadap variabel volume penjualan space petikemas, persamaan Garis Regresi Sederhana (J. Supranto.1998 : 218 ) dengan rumus sebagai berikut :
Y = a + bx
a = ( ∑y ) – b ( ∑x )
n

b = n ( ∑xy ) – ( ∑x ) ( ∑y )
n ( ∑x2 ) – ( ∑x2 )
Dimana :
X = Variabel bebas = Harga jual
Y = Variabel terikat = Volume penjualan space petikemas
a, b = Bilangan tetap
b = Koefisien Regresi
n = Jumlah pasang observasi / pengukuran
b. Analisis koefisien Korelasi
Merupakan alat yang dapat dipakai untuk mengetahui seberapa besar ( mengukur keeratan ) hubungan antara variabel x dan variabel y.
Koefisien Korelasi Product Moment = r
Bila hubungan kedua variabel berpola linear maka dapat dilihat kekuatan hubungannya. Kekuatan hubungan dapat diidentifikasikan melalui koefisien korelasi ( r ). Rumus Koefisien Korelasi ( J. Supranto.1998 : 245 ) adalah :
r = n ∑xy – ∑x . ∑y
√ n∑ x2 – ( ∑x )2 . √ ∑y2 ( ∑y )2
Koefisien korelasi akan berkisar antara -1 sampai 1. Nilai r dapat dinyatakan sebagai berikut :
-1 ≤ r ≤ 1
1). Jika r = 0 atau mendekati 0, maka hubungan antara kedua variabel sangat lemah atau tidak terdapat hubungan linear.
2). Jika r = +1 atau mendekati 1, maka hubungan antara kedua linear sangat kuat dan positif.
3). Jika r = -1 atau mendekati -1, maka hubungan antara kedua variable linear sangat kuat dan negatif.
c. Koefisien Penentu
Dari koefisien korelasi dapat dilihat lebih lanjut kuadret r, disebut sebagai koefisien penentu, koefisien r2 dapat diartikan sebagai besarnya kontribusi variabel x terhadap variabel y ( dalam persen ).
KP = r2 => KP ( r )2 x 100%
Koefisien penentu mempunyai dua fungsi yaitu sebagai berikut:
1) Menentukan kelayakan penelitian menggunakan model Regresi Linear
2) Menentukan peranan variabel independen mempengaruhi variabel dependen ( % )
c. Uji Hipotesis
Yaitu merupakan alat untuk mengetahui signifikan antara variabel x dengan variabel y, uji hipotesis yang pennulis gunakan adalah uji satu arah.
Tahap-tahapnya adsalah:
1) Hipotesis Awal
Ho : ρ = 0 → Hubungan antara variabel x dengan y tidak signifikan
Hi : ρ > 0 →Hubungan antara variabel x dengan variabel y signifikan
Hi :ρ <0 → Tidak ada hubungan antara variabel x dan variabel y yang
signifikan.

2) Rumus uji Korelasi ( J. Supranto. 1998 : 246 )
thit = r √ n – 2
√ ( 1 – r2 )

a. Bandingkan hasil hitung dengan tabel
Tt = ttabel = t( α ; df = n – 2 )
b. Kesimpulan
Jika thit ttabel maka Ho ditolak dan Hi diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara fariabel x (harga jual) terhadap variabel y ( volume penjualan space petikemas ).

E. Hipotesis
Merupakan hasil penelitian sementara yang perlu dibuktikan kebenaranya
dan hipotesis penelitian ini adalah “ diduga adanya hubungan antara harga jual terhadap volume penjualan space petikemas pada samudera shipping line”

F. Sistematika Penulis
Skripsi ini disiapkan dalam 5 (lima) bab dengan sistematika penulis sebagai berikut:
Bab I : Pendahuluan
Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang masalah, perumusan mesalah,tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis dan sistem penulisan.
Bab II : Landasan Teori
Landasan yang berhubungan dengan penulis skripsi ini adalah hal-hal yang mendukung pada pembahasan permasalahan. Teoti-teori digunakan sebagai acuan dalam pembahasan skripsi yaitu hubungan harga terhadap volume penjualan perusahaan.
Bab III :Gambaran Umum Samudera Shipping Line Ltd
Dalam bab ini diuraikan tentang sejarah perusahaan, organisasi dan manajemen, kegiatan usaha perusahaan.

Bab IV : Analisis dan Pembahasan
Dalam bab ini diuraikan tentang analisis harga jual space petikemas, analisis volume penjualan penjualan space petikemas, analisis hubungan hatrga jual terhadap volume penjualan space petikemas.

Bab V : Penutup
Bab ini merupakan bab terakir, dalam bab ini dikemukakan kesimpulan dan saran-saran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: