herman lubis ( nim : 244308058 )

Tugas perorangan skripsi,seminar bab I, Dengan Judul:

‘PENGARUH MOTIVASI PIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA   KARYAWAN PADA PT ABADI MANDIRI INTERNATIONAL  TAHUN 2008 – 2009’

oleh : Herman  Lubis

nim  : 244308058

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Suatu bentuk usaha tanpa manusia tidaklah ada dan tidak dapat dibayangkan bagaimanapun kompleksnya sesuatu bentuk usaha yang menjadi intinya. Segala bentuk usaha akhirnya dapat disimpulkan sebagai suatu gerak dari manusia oleh manusia dan untuk manusia. Kalau dalam data perusahaan kita faktor-faktor adalah hasil dari manusia dan faktor organisasi dilaksanakan dan dihasilkan juga oleh manusia.
Tingkah laku manusia sebenarnya adalah cerminan yang paling sederhana dari motivasi dasar mereka. Setiap orang punya semacam cita-cita tentang dirinya dalam perusahaan, hal itu dapat merupakan tekanan bagi seseorang bila perusahaan menuntut dari padanya bertindak berlawanan dengan apa yang dianggapnya sebagai kepentingan sendiri, agar karyawan bertingkah laku sesuai dengan tuntutan perusahaan maka harus ada integrasi antara kebutuhan mereka sendiri dan permintaan perusahaan.
Sebagai diketahui bersama, bahwa pada umumnya perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya tentunya mempunyai tujuan dan sasaran. Salah satu sasaran dan tujuan perusahaan tersebut adalah berusaha meningkatkan kinerjanya, baik peningkatan dalam hal produktivitas kerja maupun dalam hal pencapaian probabilitas yang maksimal. Oleh karena itu perusahaan perlu mengadakan evaluasi terhadap pekerjaan yang dilaksanakan oleh karyawannya untuk mengetahui apakah produktivitas kerja mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan demikian perusahaan dapat menentukan langkah apakah yang perlu dilaksanakan untuk selanjutnya dalam rangka meningkatkan produktivitas kerjanya sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasarannya sebagaimana telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai.
Adapun langkah-langkah yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan agar produktivitas kerjanya dapat meningkat, sehingga tujuan dan sasarannya dapat tercapai adalah dengan memberi motivasi terhadap karyawannya. Motivasi karyawan sebagai bentuk usaha yang dilaksanakan pimpinan untuk meningkatkan produktivitas kerja yang sangat berpengaruh terhadap suatu hasil dari suatu pekerjaan, karena hasil kerja yang baik merupakan motivasi yang mendorong semangat dalam kegiatan karyawan.
Dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, pimpinan diberi tanggung jawab dalam pengelolaan hasil kerja pada karyawannya. Dengan demikian apa yang menjadi tujuan dan sasaran perusahaannya tidak dapat tercapai sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya.
Permasalahan yang berkaitan dengan penjelasan di atas sedang dihadapi oleh PT. Abadi mandiri international ,dimana motivasi yang diberikan kepada karyawannya tidak maksimal atau dengan kata lain motivasi kurang sering diberikan kepada karyawan, sehingga produktivitas kerja perusahaan tersebut tidak dapat ditingkatkan, dengan demikian apa yang menjadi tujuan dan sasarannya tidak dapat tercapai sebagaimana telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk memilih judul “PENGARUH MOTIVASI PIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT ABADI MANDIRI INTERNATIONAL TAHUN 2008 -2009”

B. Rumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah
Dari latar belakang pengamatan yang dilakukan terhadap kinerja para karyawan PT. Abadi mandiri international, maka penulis dapat mengidentifikasikan bahwa kurang adanya motivasi terhadap karyawan dalam melakukan pekerjaan.
2. Batasan Masalah
Dengan melihat kompleksnya kegiatan para karyawan pada PT. Abadi mandiri international dalam melaksanakan tugasnya, maka penulis membatasi penyusunan skripsi ini pada masalah motivasi pimpinan PT. Abadi mandiri international dalam meningkatkan produktivitas karyawan.
3. Pokok Masalah
Dari batasan masalah tersebut di atas dapat dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimanakah pelaksanaan motivasi pimpinan di PT.Abadi mandiri international
2. Bagaimanakah tingkat produktivitas karyawan PT.Abadi mandiri international
3. Adakah hubungan pelaksanaan motivasi pimpinan PT.Abadi mandiri international dengan produktivitas karyawan.

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Dalam hal ini tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
a. Pelaksanaan motivasi pimpinan PT. Abadi mandiri international
b. Produktivitas kerja karyawan PT. Abadi mandiri international
c. Hubungan motivasi pimpinan dengan produktivitas kerja karyawan
PT. Abadi mandiri international
2. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Bagi Penulis
Sebagai pengetahuan dalam memahami peranan pimpinan memotivasi karyawan dalam usaha peningkatan produktivitas kerja pada perusahaan pelayaran PT. Abadi mandiri international dengan membandingkan teori dan praktek secara nyata juga sebagai tambahan wawasan bagi penulis dimasa yang akan datang.
b. Bagi PT. Abadi mandiri international
Sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi pimpinan operasional PT. Abadi mandiri international dalam memotivasi karyawan dimasa yang akan datang.
c. Bagi Civitas Akademika STMT TRISAKTI JAKARTA Sebagai bahan untuk menambah kepustakaan dan sebagai tambahan wawasan. Khususnya bagi mahasiswa/i peminatan program studi manajemen transpor laut.
D. Hipotesis
Hipotesis penelitian sebagai berikut : diduga ada hubungan motivasi pimpinan PT. Abadi mandiri international dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan.
E. Metodologi Penelitian
1. Jenis dan sumber data
Jenis penelitian yang di yang digunakan adalah metode kuantitatif,dan sumber data yang di dapat penulis adalah melalui penyebaran kuesioner kepada karyawan di PT.Abadi mandiri international
2. Populasi dan Sampel
Untuk keperluan analisis statistik maka di bagikan kuesioner kepada 40 responden di mana hanya 30 responden yang terkumpul, yaitu karyawan/ti PT. Abadi mandiri international. Daftar pertanyaan atau kuesioner tersebut berisikan 20 pertanyaan, 10 pertanyaan yang berhubungan dengan motivasi dan 10 pertanyaan berikutnya mengenai produktivitas.
3. Metode Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data untuk melakukan analisis dan pembahasan skripsi ini penulis menggunakan 2 (dua) jenis data:
a. Data Premier / Field Research (Penelitian Lapangan)
Merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya, diamati dan dicatat untuk pertama kalinya, yaitu dengan melakukan pengamatan langsung terhadap aktifitas-aktifitas perusahaan. Adapun cara-cara yang penulis lakukan adalah :
1. Interview
Adalah tekhnik pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan wawancara secara langsung dengan pimpinan perusahaan atau orang¬-orang yang diberi wewenang oleh perusahaan.
2. Observasi
Adalah tekhnik pengumpulan data dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada karyawan yang ada hubungannya dengan masalah ini.
b. Data sekunder / Library Research (Penelitian Kepustakaan)
Adalah penelitian yang penulis lakukan dengan cara mengumpulkan data dan informasi-informasi yang bersumberkan dari buku-buku, diklat, majalah, maupun koran yang didapat dari perpustakaan baik yang berada dilingkungan kampus STMT TRISAKTI JAKARTA maupun yang didapat dilingkungan PT. Abadi mandiri international yang mana sumber-sumber tersebut dapat memudahkan penulis dalam penyusunan skripsi.

4. Metode analisis data
Untuk menganalisis data yang telah diperoleh dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode statistik :
a . Koefisien Korelasi
Analisis ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara 2 (dua) variable (X) dan variebel (Y).
Rumusnya adalah :

Dari rumus di atas diperoleh harga koefisien yang hasilnya bila :
1. r = 1 atau mendekati 1 positif, berarti hubungan antara variable X dengan Variable Y sempurna dan searah.
2. r = -1 atau mendekati negatif, berarti hubungan antara variabel X dengan variabel Y sedehana dan berlawanan arah.
3. r = 0 atau mendekati 0, berarti antara variabel Y tidak ada hubungan atau sangat lemah

Tabel I.1
Pedoman Interprestasi terhadap koefisien korelasi
Interval Koefisien Tingkat Hubungan
0,00 – 0,199 Sangat Lemah
0,20 – 0,399 Lemah
0,40 – 0,599 Sedang
0,60 – 0,799 Kuat
0,80 – 1,000 Sangat Kuat
Sumber : Sugiono, 2005 : 216
b. Koefisien Penentu
Merupakan besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y (dalam %) dengan rumus :
KP = (r)2 x 100%
c. Uji Hipotesis
Analisis satu arah ini digunakan untuk lebih meyakinkan kebenaran dari uji tersebut apakah signifikan atau tidak, maka dapat dilihat dengan melakukan uji hipotesis (t hitung). Adapun kriteria tahap-¬tahapnya adalah sebagai berikut :

1. Menentukan Formulasi Hipotesis
a. Dengan rumus

b. Ho : ρ = o , tidak mempunyai hubungan dengan X dan Y
Hi : ρ > 0, ada hubungannya antara X dan Y positif
ρ 0;
Ho diterima jika thit ttab
3. Bandingkan hasil observasi dengan tabel
t t = t tabel = t (a : df = n-) a = 5 %
4. Kesimpulan
a) Apabila t hitung > t tabel, maka Ho ditolak
b) Apabila t hitung < t tabel, maka Ho diterima

F. Sistematika Penulisan Skripsi
Untuk memberikan gambaran secara sistematis mengenai penulisan skripsi ini, maka penulis membagi skripsi ini dalam 5 (lima) BAB yang penulisannya saling berkaitan dengan maksud agar apa yang ingin dikemukakan oleh penulis mudah dipahami dan dimengerti bagi yang membacanya dimana masing-masing BAB diuraikan lagi menjadi sub-sub yang membahas hal-hal yang berhubungan dengan skripsi ini, yaitu sebagai berikut :

BABI : PENDAHULUAN
Dalam bab ini menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis metode penelitian, dan sistematika penulisan
BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini membahas tentang Landasan Teoritis ilmiah untuk mendukung judul yang dipilih serta relevan dengan masalah yang diidentifikasi. Bab ini juga menguraikan antara lain: pengertian kepemimpinan, pengertian motivasi, tujuan dan fungsi motivasi karyawan, metode dan alat-alat memotivasi karyawan, pengertian produktivitas kerja, faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja dan hubungan motivasi pimpinan dengan produktivitas kerja dan hubungan motivasi pimpinan dengan produtivitas kerja.
BAB III : GAMBARAN UMUM PT.ABADI MANDIRI INTERNATIONAL
Merupakan bab yang membahas tentang gambaran umum perusahaan mulai dari sejarah singkat perusahaan, visi dan misi perusahaan mulai, organisasi dan manajemen, bidang usaha perusahaan dan juga fasilitas yang dimiliki perusahaan.
BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini merupakan pembahasan masalah-masalah yang berhubungan dengan motivasi karyawan, analisis pengaruh motivasi analisis produktivitas, analisis pengaruh motivasi terhadap produktivitas.
BAB V : PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir secara keseluruhan yang dibahas pada penulisan skripsi ini yang meliputi kesimpulan dan saran mengenai pembahasan yang diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas guna peningkatan kinerja bagi perusahaan pada khususnya dan pada pembaca pada umumnya melalui penelitian skripsi ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: