TUGAS MANDIRI SEMINAR PASTI SOZANOLO CORIEL HAREFA

Nama : PASTI SOZANOLO CORIEL HAREFA

NIM : 244308062

BAB I

 

  1. Latar Belakang Masalah

Melihat kondisi geografis Indonesia, peranan transportasi laut dan penyeberangan sangat dominan dalam memperlancar arus barang dan manusia. Mengingat pentingnya transportasi laut dan penyeberangan, penyediaan sarana dan prasarana harus dapat mengatasi kebutuhan permintaan akan jasa transportasi secara efektif dan efisien. Semakin tingginya arus barang dan manusia melalui laut dan penyeberangan sebagai akibat laju pembangunan nasional dan pemerataan hasil-hasil pembangunan ke seluruh pelosok tanah air, kebutuhan lintasan penyeberangan antar pulau dan antar pelabuhan semakin meningkat pula.

Konsepsi penyeberangan adalah sebagai penghubung dan atau alternatif jaringan jalan yang dipisahkan oleh perairan merupakan wujud pelaksanaan kebijakan pemerintah di bidang transportasi. Sungai, danau dan selat adalah prasarana bagi lalu lintas angkutan di Indonesia. Selama ratusan tahun, angkutan ini tumbuh dan berkembang secara alamiah tanpa dibina. Jasa angkutan ini dapat dijumpai dan mempunyai peranan pada daerah-daerah tertentu, di tempat dimana jalan raya belum berkembang dengan baik.

Tujuan utama dari pendirian suatu perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang bisnis adalah untuk  memperoleh keuntungan yang sebanyak – banyaknya  sehingga perusahaan atau organisasi tersebut dapat berkembang dan mempertahankan kelangsungan hidup operasional perusahaan.

Agar tujuannya dapat tercapai, maka PT. ASDP ( Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan ) yang bergerak dalam bidang jasa penyeberangan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumennya sehingga konsumen tersebut akan mempunyai image atau pandangan yang positif terhadap PT. ASDP ( Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan ). Untuk memenuhi kepuasan konsumen maka perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa harus memberikan pelayanan atau service yang terbaik dimana perusahaan harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumennya yang akan atau selama menggunakan produk jasa yang dipasarkan perusahaannya.

Selain itu, PT. ASDP perlu membuat kebijakan dan strategi pelayanan sehingga perusahaan ini dapat bersaing dengan perusahaan sejenis ( yang menjual atau membuat produk yang sama ). Oleh sebab itu, keberhasilan suatu kegiatan pelayanan tergantung pada pemahaman perusahaan terhadap perilaku konsumen.

PT.  ASDP merupakan perusahaan angkutan darat karena kedekatannya dengan moda darat yang lain dengan cara melayani masyarakat yang akan melakukan penyeberangan dimana kapal – kapal yang dimiliki PT. ASDP dapat menjangkau kepulauan yang ada di Indonesia. Fungsi utama PT. ASDP adalah penyediaan jasa – jasa angkutan yang sesuai dan aman untuk penyeberangan, fungsi lainnya adalah memberikan kemudahan, keselamatan angkutan dalam operasi penyeberangan, pemanfaatan fungsi dermaga dan terminal untuk penyeberangan penumpang dan barang, pembinaan alur – alur pelayaran, pengerukan serta pendalaman alur pelayaran. ( Abbas Salim, H.A. 1993 : hal.90 ).

Minat masyarakat Indonesia yang ingin berpergian dengan kapal cepat ASDP cukup besar, selain karena harga tiket kapal masih terjangkau masyarakat, banyak fasilitas dan kemudahan dikapal yang disediakan oleh PT. ASDP sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri bagi calon konsumennya dengan segmen pasar yang luas tidak hanya dibatasi oleh komunitas tertentu, tingkat penghasilan, tingkat pendidikan dan pekerjaan.

Proses keputusan calon penumpang dalam membeli tiket kapal penumpang yang ditawarkan tidaklah terjadi begitu saja. Dalam pengambilan keputusan, calon penumpang dipengaruhi oleh alternatif – alternatif yang dihadapi serta daya tarik masing – masing alternatif yang dihadapi. Proses penilaian tersebut dapat berupa penilaian terhadap kapal, seperti harga tiket, jadwal keberangkatan dan sebagainya. Dapat juga keyakinan seorang calon penumpang mengenai kapal tersebut yang didasarkan atas pengalaman dan informasi yang diperolehnya. Dari penilaian ini maka calon penumpang akan mempunyai image terhadap kapal cepat ASDP dalam arti positif diantara kapal cepat lainnya.

Selain itu, seorang calon penumpang dalam menyukai atau tidak menyukai sesuatu yang ditawarkan kepada mereka akan tergantung pada motif pembeliannya; baik motif rasional ( seperti harga, kualitas, pelayanan dan ketersediaan tiket ) maupun motif emosionalnya ( seperti kebanggaan, rasa aman, kepraktisan dan lain – lain ). Motif – motif inilah yang akan mempengaruhi kepuasan penumpang akan kapal yang bersangkutan sehingga memberikan kepuasan kepada konsumen.

Berdasarkan pemikiran inilah yang mendorong penulis untuk menyusun karya ilmiah yang berjudul : ANALISIS PELAYANAN KAPAL CEPAT KM. CISADANE MILIK ASDP TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ANTARA TAHUN 2006 – 2008

 

 

 

  1. Perumusan Masalah dan Pembahasan Masalah.
  1. 1.       Perumusan Masalah.

Pada latar belakang masalah telah disebutkan bahwa terdapat banyak  peran yang mempengaruhi kepuasan penumpang maupun calon penumpang terhadap kapal cepat PT. ASDP ( Kapal Cepat Cisadane ) diantara kapal cepat milik perusahaan lainnya. Diantaranya yang mempengaruhi image tersebut adalah harga tiket, pelayanan, ketersediaan tiket, kemudahan memperoleh tiket, pengaruh lingkungan, kenyamanan kapal dan sebagainya.

Seorang penumpang akan mempunyai image / pandangan yang positif ataupun negatif tergantung dari kenyataan yang ditunjukkan oleh PT. ASDP kepada penumpang dan pengalaman pribadi maupun informasi yang didapat oleh penumpang.  Perumusan masalah pada penelitian ini adalah :

  • Apakah peranan  pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan penumpang ?
  • Apakah  kenyamanan berperan  terhadap kepuasan penumpang ?
  • Apakah  harga tiket berperan terhadap kepuasan penumpang ?
  • Apakah secara simultan faktor pelayanan, kenyamanan dan harga tiket berperan  terhadap kepuasan penumpang ?

 

  1. 2.      Pembatasan Masalah.

Untuk membatasi permasalahan dengan maksud agar sasaran dalam pembahasan ini dapat tercapai, penulis hanya mengungkap tiga faktor penelitian  yang berperan terhadap kepuasan penumpang yaitu pelayanan, kenyamanan dan harga tiket. Oleh karena itu permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu apakah penilaian penumpang terhadap pelayanan, kenyamanan dan harga tiket berpengaruh terhadap  kepuasan penumpang.

Pelayanan, kenyamanan dan harga tiket akan dianalisis dan ditaksir sehingga didapat suatu gambaran mengenai kebutuhan dan keinginan penumpang yang dapat digunakan oleh PT. ASDP untuk membuat program pemasaran yang baik sehingga PT. ASDP dapat menembus peluang pasar yang ada.

 

  1.  
    1. Tujuan dan Kegunaan Penelitian.

                                                              i.      Tujuan Penelitian.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah :

  1. Menganalisis peranan pelayanan Kapal Cepat Cisadane terhadap kepuasan penumpang kapal.
  2. Menganalisis faktor kenyamanan Kapal Cepat Cisadane terhadap kepuasan  penumpang kapal.
  3. Menganalisis  minat masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan di Kapal Cepat Cisadane
  4. Menganalisis peranan harga tiket Kapal Cepat Cisadane terhadap kepuasan  penumpang kapal.
  5. Menganalisis secara simultan  peranan pelayanan, kenyamanan dan harga tiket Kapal Cepat  Cisadane terhadap kepuasan  penumpang kapal.

 

 

 

                                                            ii.       Kegunaan Penelitian.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kegunaan sebagai berikut :

  1. Bagi Penulis :

Penelitian ini dapat digunakan untuk menerapkan teori – teori yang diperoleh di bangku kuliah dan mengaplikasikan dengan kenyataan yang ada, serta menambah pengalaman dan pengetahuan penulis akan masalah – masalah yang terjadi dalam perusahaan khususnya dalam bidang pelayanan di kapal  penumpang khususnya kapal penumpang dalam negeri.

  1. Bagi Perusahaan :

Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan informasi bermanfaat sebagai bahan evaluasi terhadap efektifitas dan efisiensi strategi pelayanan yang telah ditetapkan oleh perusahaan terutama dalam peningkatan pelayanan penumpang dan kepuasan para pelanggan.

  1. Bagi Pembaca

Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan yang bermanfaat bagi pembaca terutama bagi pembaca dari kalangan pelaut yang bekerja di kapal – kapal penumpang dan berkeinginan untuk melanjutkan karir di darat khususnya perusahaan pelayaran yang bergerak di bidang penyeberangan angkutan sungai dan perairan.

 

 

 

ANALISIS PELAYANAN KAPAL CEPAT KM. CISADANE MILIK ASDP TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ANTARA TAHUN 2006 – 2008

 

 

(PROPOSAL SKRIPSI)

Diajukan Untuk Memperlengkapi Persyaratan Akademik Guna Mencapai Gelar Sarjana Manajemen Transportasi Laut

 

                              Oleh :

Pasti Sozanolo Coriel Harefa

Nim : 244308062

 

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORTASI

(STMT) TRISAKTI

JAKARTA

2009

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: