Nama : Riski iwan K Tugas Perorangan Mk : Seminar Masalah Transportasi Laut

Nama : Riski Iwan K

Nip : 244308060

tugas mandiri seminar “Masalah Transportasi laut”

 

  1. A.     Latar Belakang Masalah

    Indonesia adalah negara maritimi, dimana luas dari pada daratan dan lautannya lebih luas lautnya. (web.dev.depkominfo.go.id ). Sehingga diperlukan trnsportasi laut yang handal baik dalam segi kwalitas,kwantitas dan dari segi penggunaan kapal harus disesuaikan dengan manfaat kegunaan dan daerah yang tujuan. karena sebagai negara maritim ini maka kekayaan laut yang berlimpah banyak yang  belum digali. Baik berupa ikan, hasilminyak dan lain lain.Serta kekeyaan potensi alam  yang  sangat berpotensi untuk daerah pariwisata, sebagai contoh kepulauan seribu di jakarta,pulau bawean di jawa timur masih banyak lagi.

      Ini semua membutuhkan sarana dan prasarana sehingga dapat dihubungkan satu dengan yang lainnya,antar pulau.Sehingga jarak yang dibatasi oleh laut dapat menjadi satu. Dengan kata lain tranportasi laut berupa kapal yang sangat kita butuhkan baik untuk transportasi barang yaitu kapal barang maupun kapal penumpang.

Yang mana dalam hal ini dinegara kita sangatlah kurang diperhatikan baik dari keselamatan kapal itu sendiri maupun penumpang. Maka karena kurang diperhatikannya transportasi laut ini, dalam beberapa tahun sering terjadi kecelakaan kapal yang mengakibatkan korban materi dan jiwa. Padahal kalau pemerintah dan aparat yang berwenang betul betul memperhatikan masalah-masalah yang sering timbul pada transportasi laut, mungkin kejadiaan kejadiaan tersebut dapat diperkecil resikonya. Kejadiaan kejadian tersebut juga banyak kita temui juga di kapal kapal penumpang. Baik masalah tiket,keterlambatan jadwal dan lain lain. Padahal fungsi transportasi ini sangatlah penting  untuk mobilitas penduduk yang ada di pulau yang ingin berkunjung ke pulau seberang baik untuk berkunjung atau berdagang.

 Kita ambil contoh pada  P. Bawean dekat surabaya ( gresik ) di jawa timur.  kalau kita akan ke P. Bawean kita menggunakan pelabuhan gresik. Di pelabuhan ini penumpang sering mengeluhkan tentang pelayanan tiket kapal dan jadwal keberangkatan.( ditulis oleh Amin juli 13,2008, bawean island wordpress.com )

B. Perumusan Masalah.

  1. 1.      Identifikasi Masalah

Seperti telah diuraikan diatas dimana kapal merupakan salah satu sarana pendukung dalam transportasi laut antar pulau khususnya di Indonesia. Sebagai alat transpotasi.  maka penulis dapat menguraikan masalah sebagai berikut :

  1. Kurangnya perhatiaan pemerintah khususnya kotamadya gresik, dalam memantau dan mengatasi masalah di pelabuhan penyeberangan Gresik – P Bawean.
  2. Tidak adanya koordinasi yang baik antara  pihak penjualan tiket kapal penyeberangan (Pelabuhan kapal ferry ) dengan Konsumen. Sehingga sering dikecewakannya konsumen yang mengakibatkan penundaan keberangkatan.
  3. Terbatasnya sarana atau informasi on line tentang jadwal penyeberangan & Harga tiket bagi penumpang .
  4. 2.      Pembatasan Masalah

Karena sangat pentingnya transportasi laut khususnya di daerah penyeberangan antara kotamadya Gresik – P. Bawean maka dalam pembatasan masalah ini  penulis membatasi tentang Kurangnya perhatian pemerintah Kotamadya gresik dalam menangani masalah yang timbul di pelabuhan penyeberangan Gresik –  P bawean khususnya tentang masalah yang terjadi terhadap Konsumen pemakai jasa penyeberangan mengenai Keberangkatan kapal & Penjualan tiket penumpang.  

  1. 3.      Pokok Masalah

Pokok permasalahan yang terdapat dalam pembatasan  masalah ini, antara lain :

  1. Bagaimanakah Sikap & Tndakan  pemerintah kotamadya gresik dalam menangani masalah  yang terjadi di  pelabuhan penumpang  ?
  2. Bagaimanakah  tindakan  pihak yang terkait dalam hal ini khususnya perusahaan penyeberangan yang melayani tiket kapal penyeberangan gresik – P Bawean ?
  3. Adakah pengaruh operasional  kapal , pelayanan tiket terhadap konsumen dalam hal ini penumpang sebagai pemakai jasa transportasi penyeberangan gresik- P bawean ?
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: