Nama : Ronald J, Nim : 244308041

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.    Latar Belakang Masalah

Keberhasilan suatu bangsa dalam melaksanakan pembangunan tidak terlepas dari Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya. Melalui SDM yang berkualitas. keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA) suatu negara akan dapat diatasi sehingga tujuan pembangunan negara tersebut dapat diwujudkan. Organisasi yang memiliki SDM yang berkualitas akan mampu membawa organisasi tersebut menjadi yang terdepan dalam bidang bisnis yang digelutinya. Dengan demikian, kualitas SDM pada setiap organisasi harus ditingkatkan secara terus-menerus agar mampu bersaing dan beradaptasi dengan percepatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Upaya peningkatan kualitas SDM terkait erat dengan modal yang dimiliki manusianya (Hitman Capital}, Melalui modal manusia ini individu-individu dalam organisasi akan mampu mcngembangkan strategi-strategi baru dalam menghadapi organisasi pesaing, sehingga tetap dapat menjadi yang terdepan dalam bidang bisnis yang digarapnya. Kekuatan daya saing dalam bisnis dewasa ini sangat perlu didukung aleh keberadaan SDM yang andal yang memiliki Human Capital yang tinggi.

Berkaitan dengan hal di atas, salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri pertambangan yakni PT. PERTAMlNA Jakarta dewasa ini terus menerus berbenah diri dalam upaya meningkatkan SDM perusahaan ini, khususnya para karyawan.

Akhir-akhir ini masalah pelayanan menjadi sebuah polemik bagi masyarakat luas selaku konsumen yang beranggapan bahwa pelayanan pada sektor baik lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan sama saja pelayanannya masih rendah.

Karyawan di PT. PERTAMINA diduga disebabkan pihak perusahaan belum mampu melakukan pelavanan secara optimal. Apabila   fenomena   ini tidak segera diatasi,   dikhawatirkan  akan   berdampak   buruk   bagi perkembangan kinerja organisasi yang akan datang.

Menyikapi hal ini tentunya dicari akar permasalahannya agar masyarakat ataupun konsumen benar-benar merasa puas atas pelayanan yang diberikan oieh karyawan. Dan hal ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sumber daya yang bernilai bagi penigkatan kualitas adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia adalah potensi manusia sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan ekststensinya.

Tindakan selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu pekerja harus mengetahui hal-hal yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang terjadi saat ini. Dengan demikian diharapkan pekerja akan merasa terpacu untuk melakukan hasil terbaik bagi perusahaan atau organisasinya. Karyawan merupakan salah satu unsur penting dalam mengembangkan organisasi. Karyawan memiliki kontribusi yang besar atas keberhasilan organisasi di mana mereka bekerja dan berkarir. Keberhasilan dan kegagalan organisasi terletak pada kualitas karyawannya dan tercemin pada produktivitas kerja. Produktivitas kerja karyawan dapat dinilai melalui berbagai kebiasaan serta perilakunya dalam menjalankan tugas-tugas organisasi.

Untuk meningkatkan taraf efisiensi dan produktititas kerja yang tinggi, seorang pimpinan perusahaan harus dapat mengetahui kebutuhan dan kelemahan karyawannya. Tinggi dan rendahnya pelayanan yang diberikan oleh karyawan dapat terpenuhi apabtla kompensasi yang dan diberikan kesempatan untuk mengembangkan kecakapan mereka yang sesuai dengan bakat komptensinya.

Dalam penelitian ini, penulis mengambil obyck penelitian pada perusahaan PT.Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga, Perkapalan Jakarta, sebagian besar pekerja Pertamina Perkapalan adalah pekerja laut merupakan asset potensial yang menjadi play maker alas kenerhasilan perusahaan, penelitian yang dilakukan khusus kualitas pelayanan yang dipengaruhi kompensasi, maka penulis memilih karya tulis ini adalah :

“Hubungan Kompensasi dengan Mutu Pelayanan Karyawan pada PT.Pertamina (Persero) Direktorat Peinasaran Niaga Perkapalan Jakarta “.

 

  1. B.     Perumusan Masalah

Perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini antara lain :

  1. 1.      ldcntifikasi Masalah

Dengan demikian yang menjadi persoalan penelitiannya adalah sebagai berikut :

  1. Kompensasi yang diterima oleh karyawan PT.Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapalan.
  2. Mutu Pelayanan terhadap konsumen.
  3. Hubungan  kompensasia  dengan  mutu  pelayanan  terhadap tugas konsumen.
  4. 2.      Pembatasan Masalah

Dalam penelitian ini karena adanya keterbatasan, penulis hanya membahas masalah Hubungan Kompensasi dengan Mutu Pelayanan Karyawan PT.Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapaian Jakarta.

3.  Pokok Masalah

Berdasarkan   batasan   masalah   diatas   maka   penulis   membuat   pokok masalah sebagai herikut :

  1. Bagaimana    gambaran    tentang    pembenan    kompensasi    kepada karyawan     PT.Pertamina  (Persero)   Direktorat   Pemasaran   Niaga Perkapalan.?
  2. Bagaimana  gambaran  tentang  kualitas/mutu  pelayanan  karyawan PT.Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapalan ?
  3. Seberapa besar hubungan Kompensasi dengan Kualitas Pelayanan PT.Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapalan ?

 

  1. C.     Tujuan Dan Manfaat Penelitian
    1. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah :

  1. Untuk  mcngetahui     bentuk  kompensasi  karyawan  PT. Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapalan Jakarta
  2. Untuk mengetahui kualitas pelayanan karyawan PT. Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapalan Jakarta.
  3. Untuk mengetahui apakah ada hubungan kompensasi dengan kualitas pelayanan karyawan PT. Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapalan Jakarta.
  4. Manfaat Penelitian :

Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah :

  1. Bagi     penulis    sendiri,    untuk     memenuhi    persyaratan     untuk menyelesaikan     Matakuliah     Strata     satu    jurusan     Manajemen Transportasi   l.aut   pada   Sekolah   Tinggi   Manajemen   Transpor (STMT) Trisakti Jakarta.
  2. Dapat dijadikan sebagai tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan dalam  bidang  ilmu  manajemen  sumber daya manusia,  sehingga sangat bermanfaat bagi penulis, bila kelak bekerja diperusahan.
  3. Bagi   perusahaan,   diharapkan   dapat  memberikan   masukan   atau sumbangan pemikiran yang berguna, untuk meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan rujuan perusahaan.

 

  1. D.    Metodologi Penelitian
    1. Jenis dan Sumber Data

Dalam penyusunan skripsi ini ada dua jenis data yang penulis gunakan, yaitu:

  1. Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek penelitian yang dikumpulkan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan memberikan kuisioner.
  2. Data sekunder, yaitu data yang diperoleh dengan cara mempelajari buku-buku teks, diktat yang ada hubungannya dengan permasalahan yang ada dalam skripsi ini.
  3. Metode Pengumpulan Data
    1. Riset Kepustakaan (Library Research)

Yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data-data yang bersumber dari buku-buku, diktat, serta bahan-bahan kuliah yang berkaitan dengan tema dalam skripsi ini.

  1. Riset Lapangan (Field Research)

Yakni suatu penelitian yang dilakukan dengan mengadakan observasi dan pengamatan langsung terhadap objek di lapangan yang menjadi pokok permasalahan untuk memperoleh data-data yang diperlukan, antara lain diperoleh melalui:

  1. Kuisioner yaitu metode pengumpulan data melalui dattar pertanyaan yang disebarkan kepada responden dengan maksud memperoleh informasi yang berhubungan dengan penelitian.
  2. Interview, yaitu mengadakan wawancara langsung dengan, mengajukan pertanyaan baik tertulis maupun lisan, kepada awak kapal yang berwenang untuk menjawab pertanyaan yang diajukan sehubungan kepada data yang dibutuhkan.
  3. Melakukan observasi langsung terhadap aktivitas perusahaan.

3.   Tehnik Analisis Data

Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode kuantitatif untuk dua variabel., yaitu variabel bebas (independent variable) dan variabel    terikat (dependent variable) yang keduanya mempunyai fungsi yang berbeda. Untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis data sebagai berikut :

a.   Persamaan Regresi Linier Sederhana

Rumus:           V = a + bX

A = Y-bX

b =       n (∑ XY)-(∑ V X) (∑ Y)

     n(∑ X2)(∑ Y)2

 

Di mana:   X = Variabel Independent (kompensasi)

Y – Variabel Dependent (Kualitas Pelayanan)

a = Konstanta

b = Koefisiensi Regresi

n = Jumlah Sampel Data

b.   Koefisien Korelasi (Pearson)

Rumus:

r  =                         n∑ XY – ∑X ∑Y                   

                  √n∑ X2 – (∑X)2 – √n∑Y2 – (∑Y)2

Pada hakekatnya, nilai r dapat bervariasi mulai dan -1 melalui 0 hingga +1 sebagai berikut :

1.  r = 0 atau mendekati 0 berarti tidak hubungan antara variabel X dan Y.

2.  Jika r = +1 atau mendekati +1 berarti antara variabel X dan Y mempunyai hubungan yang sangat kuat dan positif.

3.  Jika r = -1 atau mendekati -1 berarti antara variabel X dan Y mempunyai hubungan yang sangat kuat namun negatif

c.  Koefisien Penentu (Kp)

Merupakan besarnya kontribusi variabel X terhadap Y dalam persen (%). Dengan rumus:

KP       = r2 x   100%

d.   Uji Hipotesa

Untuk  mengetahui  seberapa  besar  hubungan  kompensasi  dengan kualitas pelayanan  karyawan PT. Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapalan., dirumuskan sebagai berikut :

1)     ho : p = 0 (Tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y)

ho . p = I (Ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y)

2)     Menentukan rumus thitung

Rumus :

 

Di mana:        r = Koefisien Korelasi

n = Jumlah Sampel Data

3)     Besarnya t table (a; df = n-2)

4)     Membandingkan t table dengan t hitung

a). Kalau t hitung < t table, Ho diterima, tidak signifikan.

a). Kalau t hitung > t table, Ho ditolak, signifikan.

 

  1. E.     Hipotesis

Hipotesis adalah anggapan sementara dari hasil penelitian yang perlu dibuktikan kebenarannya Adapun hipotesis penelilian ini adalah diduga terdapat pengaruh Kompensasi dengan kualitas Pelayanan PT. Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapalan.

 

  1. F.     Sistematika Penyusunan Skripsi

Untuk mempermudah dalam pemahaman masalah, penulis membagi skripsi menjadi lima bab, yaitu:

 

BAB I          :         PENDAHULUAN

Pada bab ini penulis akan menguraikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, serta sistematika penyusunan skripsi.

 

BAB II         :         LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulis akan menjelaskan tentang kompensasi dan kaulitas pelayanan.

 

BAB    III    :         GAMBARAN    UMUM    PT.    PERTAMINA (PERSERO) DIREKTORAT PEMASARAN NIAGA PERKAPALAN

Dalam bab ini penulis akan menjelaskan sejarah singkat PT. Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapalan.

 

 

BAB IV        :         ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini penulis akan menganalisis hubungan kompensasi dengan kualitas pelayanan PT. Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Niaga Perkapalan dengan menggunakan rumus-rumus pada Bab I.

 

BAB V           :           PENUTUP

Pada bab ini penulis akan menarik kesimpulan dan menyampaikan beberapa saran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: