TUGAS MANDIRI SEMINAR SKRIPSI I, YUDI ARIYANTO NIM 244308070

NAMA  : YUDI ARIYANTO

NIM       : 244 308070

TUGAS MANDIRI SEMINAR

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang Masalah

Dalam suatu negara maritim seperti halnya dengan negara Indonesia, pelabuhan memegang peranan yang cukup penting sesuai dengan salah satu fungsinya sebagai “Gateway”, atau pintu gerbang pelabuhan yaitu  pintu masuk atau keluarnya barang dari suatu negara atau daerah dimana lebih dari 50% dari total barang tersebut di angkut melalui moda laut, yang memasuki pelabuhan tujuan. Orientasi kegiatan pelabuhan yang paling dominan adalah untuk pelayanan kapal dan barang,  dimana pelayanan untuk kapal yang diberikan pihak pengelola pelabuhan adalah pelayanan pemanduan.

PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok memiliki beberapa unit kerja perencanaan dan pengendalian operasi/ PPSA (Pusat Pelayanan Satu Atap), Pelayanan Pelanggan, Usaha Terminal, Properti, Teknik,  Sumber Daya Manusia dan Umum, Keuangan, dan Unit Kerja Kepanduan,  Sebagaimana unit kerja lainnya di lingkungan PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok, maka unit kerja kepanduan dipimpin seorang Manager yang kedudukannya berada di bawah General Manager, di samping berfungsi di bidang pengusahaan jasa unit kepanduan berfungsi juga di bidang pemerintahan. Selama ini kedudukan unit kerja kepanduan di PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok di bina melalui Bidang Pemerintahan, ( pihak pengelola pelabuhan) melaksanakan dan mengawasi    keselamatan dan kelancaran lalu lintas gerakan kapal, memelihara tertib hukum perkapalan dan pelayaran pada daerah perairan wajib pandu serta secara teknis bertanggung jawab kepada Syahbandar, kemudian juga dapat dibina melalui bidang Pengusahaan Jasa, pihak pelabuhan melaksanakan usaha- usaha bidang pelayanan pemanduan sesuai dengan kebijaksanaan yang telah ditentukan, serta secara administratif  bertanggung jawab kepada General Manager.

Pekerjaan memandu kapal ternyata termasuk pekerjaan yang tidak saja memerlukan sumber daya manusia berketrampilan khusus untuk melaksanakannya, tetapi juga dituntut tanggung jawab prestasi kerja, kerjasama, prakarsa, kejujuran, ketaatan dan perilaku kondisi fisik yang prima dalam pelaksanaannya. Masalah kelancaran, keamanan, keselamatan dari kapal yang dipandu adalah hal yang utama dalam pelaksanaan pemanduan kapal karena akibat yang dapat ditimbulkan dari suatu kelalaian atas kegiatan pemanduan kapal dapat berpengaruh pada kelancaran lalu lintas kapal dalam pelabuhan, bahkan juga terhadap perairan dan lingkungannya

Semakin cepatnya perkembangan kegiatan pada PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok, perlu mengoptimalkan mutu pelayanan pemanduan kapal yang terutama dalam rangka mengantisipasi perkembangan globalisasi perdagangan dunia dewasa ini.

Pelayanan jasa pemanduan kapal merupakan ujung tombak dari PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok, yang merupakan kegiatan awal serta akhir dari keseluruhan rangkaian kegiatan pelayanan jasa kepanduan. Dalam meningkatkan pelayanan pemanduan kapal di pelabuhan maka pendukung faktor sumber daya manusia pemanduan kapal perlu mendapat perhatian dalam pembinaannya. Sehingga peranannya dalam kegiatan pelayanan pemanduan dipelabuhan akan memberi hasil yang maksimal dan memuaskan para pengguna jasa pemanduan

            Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka penulis membuat skripsi yang berjudul “ANALISIS HUBUNGAN PERAN PANDU TERHADAP PELAYANAN KELUAR MASUK KAPAL PADA PELABUHAN TANJUNG PRIOK,  TAHUN 2009 “. 

 

B.     Perumusan Masalah

  1. Identifikasi Masalah

Seperti telah diuraikan diatas mengenai salah satu sarana pendukung dalam transportasi laut beserta fasilitas penunjang dalam kegiatan pemanduan maka penulis dapat, maka mengindentifikasi permasalahan yang ada sebagai berikut :

  1. Terbatasnya jumlah personil pandu yang dimiliki oleh PT Pelindo II cabang Tanjung Priok
  2. Lamanya waktu tunggu untuk bertambat.
  3. Kegiatan operasional pemanduan kapal sering terlambat.
  4. Pemanfaatan fasilitas dan peralatan pendukung pelayanan kapal kurang

optimal.

  1. Terbatasnya pelayanan kepil PT Pelindo II untuk mengantar pandu ke kapal
  2. Terbatasnya jumlah kapal tunda yang ada di pelabuhan Tanjung Priok

 

 

  1. Pembatasan Masalah

Pembahasan skripsi ini di batasi pada hubungan antara peran pandu dengan pelayanan keluar masuk kapal pada pelabuhan Tanjung Priok, periode Januari hinga Juni tahun 2009.

  1. Pokok Masalah

Berdasarkan identifikasi permasalahan dan pembatasan masalah, maka pokok permasalahan dalam penyusunan skripsi ini  latar belakang yang penulis uraikan, maka penulis merumuskan pokok permasalahannya sebagai berikut :

  1. Bagaimana tanggapan pengguna jasa kepanduan terhadap peran pandu pada pelabuhan Tanjung Priok?
  2. Bagaimana tanggapan pengguna jasa kepanduan terhadap pelayanan keluar masuk kapal pada pelabuhan Tanjung Priok?
  3. Bagaimana hubungan peran pandu terhadap pelayanan keluar masuk kapal pada pelabuhan Tanjung Priok, tahun 2009?

 

C.    Tujuan Dan Manfaat Penelitian

  1. Tujuan Penelitian
  2. Untuk mengetahui tanggapan pengguna jasa kepanduan terhadap peran pandu pada pelabuhan Tanjung Priok.
  3. Untuk mengetahui tanggapan pengguna jasa kepanduan terhadap pelayanan keluar masuk kapal pada pelabuhan Tanjung Priok.
  4. Untuk mengetahui hubungan peran pandu terhadap pelayanan keluar-masuk kapal pada pelabuhan Tanjung Priok, tahun 2009.
  5. Manfaat Penelitian
    1. Bagi Penulis

Penelitian ini bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan penulis tentang peran pandu terhadap pelayanan keluar masuk kapal di pelabuhan.

  1. Untuk Perusahaan

Penelitian ini merupakan masukan yang bermanfaat bagi perusahaan di dalam menentukan langkah – langkah kebijakan atau tindak lanjut pengelolaan pelabuhan, antara lain melalui profesionalitas pelayanan pemanduan kapal, yang memberi kepuasan kepada pengguna jasa pemanduan di pelabuhan.

  1. Bagi STMT Trisakti dan Masyarakat Umum

Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam rangka penelitian sejenis khususnya di bidang kepanduan pada masa yang akan datang.

 

D.    Metodologi Penelitian

Dalam penyusunan skripsi ini sangat diperlukan dukungan data yang obyektif. Berdasarkan perumusan masalah yang penulis tuangkan pada bagian sebelum ini ada tiga metode yang dipakai penulis dalam mengumpulkan data  yaitu:

  1. Jenis Dan Sumber Data
    1. Data kualitatif

Adalah data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar.

  1. Data kuantitatif

Adalah data yang berbentuk angka, atau data kualitatif yang diangkakan (scoring : baik sekali = 4, baik = 3, kurang baik = 2, dan tidak baik =1), dimana dalam penelitian data kualitatif yang diperoleh diberikan skor dengan menjadi data kuantitatif.

  1. Populasi dan sampel

Populasi seluruh nakhoda kapal adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualiatas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

Sampel sebagian dari nakhoda kapal adalah bagian dari jumlah karakteristik  yang dimiliki oleh populasi tersebut.

3.   Teknik Pengumpulan Data

  1. Penelitian Lapangan (field research)

Penelitian ini diperlukan untuk memperoleh data primer yang diperlukan melalui cara-cara sebagai berikut:

1)      Interview (wawancara)

Teknik pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak – pihak yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas.

 

 

 

2)      Observasi (pengamatan)

Teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan terhadap perusahaan yang menjadi objek penelitian.

3)      Questionare (daftar pertanyaan)

Teknik pengumpulan data dimana sebelumnya penulis membuat dan menyiapkan daftar pertanyaan sesuai dengan masalah yang diteliti.

b.  Penelitian Kepustakaan (library research)

Perolehan data sekunder dilakukan dengan mempelajari literatur, diktat kuliah dan  sumber – sumber lain yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.

  1. Teknik  Analisis Data

Teknik analisis statistik yang akan digunakan penulis dalam rangka penelitian ini akan dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Analisis regresi linear sederhana

Analisis ini digunakan untuk mengetahui hubungan proporsional antara variabel X (peran pandu) terhadap variabel Y (pelayanan keluar masuk kapal) menurut (M. Iqbal Hasan, 2002 : 250)

Y =   a + b X

 Untuk menghitung nilai a dan b digunakan rumus sebagai berikut:

 

Dimana

Y   =   variabel terikat (pelayanan keluar masuk kapal);

X   =   variabel bebas (peran Pandu);

a    =   bilangan tetap;

b    =   koefisien regresi;

n    =   jumlah sampel dalam hal ini responden b.   Analisis koefisien korelasi.

Koefisien korelasi atau r merupakan alat untuk mengetahui apakah variable X dan variable Y mempunyai hubungan yang kuat atau lemah. Persamaan koefisien korelasi product moment, menurut (M. Iqbal Hasan, 2002 : 235)

                          

Dalam hal ini :

  • Jika r = 0 atau mendekati 0, maka hubungan antara kedua variabel sangat lemah atau tidak terdapat hubungan sama sekali.
  • Jika r = +1 atau mendekati 1, maka hubungan antara kedua variabel dikatakan positif dan sangat kuat.
  • Jika r = -1 atau mendekati –1, maka hubungan kedua variabel tersebut dikatakan negatif dan sangat kuat.

Besaran nilai r berada diantara -1 s/d +1 atau dapat ditulis:  r = -1< r < +1

Agar lebih jelas menginterprestasikan tingkat hubungan tersebut, makadapat berpedoman pada ketentuan sebagaimana  tertuang pada tabel I.1

Tabel I.1

Tingkat Hubungan

Interval Korelasi

Tingkat Hubungan

0.00 – 0.199

Sangat Rendah

0.20 – 0.399

Rendah

0.40 – 0.599

Sedang

0.6 – 0.799

Kuat

0.8 – 1.00

Sangat Kuat

 

 

 

 

 

 

                    Sumber Sugiono (2003 : 214)

 

b.  Analisis Koefisien Penentu

Analisis ini digunakan untuk mengetahui berapa besar konstribusi atau pengaruh dari variabel X terhadap naik turunnya variabel Y dengan rumus:

Kp = r2 x 100%

Keterangan :

Kp = Koefisien Penentu; dan r2 = Koefisien korelasi yang dikwadratkan.

 

 

c.  Uji Hipotesis

Pengujian hipotesis dilakukan melalui pendekatan pengujian satu arah dengan cara membandingkan nilai  dengan melalui langkah-langkah sebagai berikut:

1)         Hipotesis awal

a)         Ho : r  = 0, berarti tidak ada hubungan antar X dan Y

b)         Hi :  r  > 0, berarti ada hubungan antara X dan Y

2)       Untuk mengetahui nilai  digunakan rumus:

 

3)       Untuk mengetahui nilai digunakan tabel distribusi t pada

a = 0,050 ; df = n-2

4)       Kesimpulan uji hipotesis

a)      Jika < , maka Ho diterima dan Hi ditolak, berarti tidak ada hubungan antara X dan Y

b)      Jika > , maka Ho ditolak dan Hi diterima, berarti terdapat hubungan antar X dan Y

                                   

E.     Hipotesis

Dalam penelitian ini penulis menggunakan hipotesis yang menduga adanya hubungan antara peran pandu dengan pelayanan keluar masuk kapal pada pelabuhan Tanjung Priok, tahun 2009.

  1. F.     Sistematika Penulisan

BAB I   :   PENDAHULUAN

Pada bab ini dibahas, latar belakang masalah, perumusan masalah yang meliputi identifikasi masalah, pembatasan masalah, dan pokok masalah; tujuan dan manfaat penelitian, metodelogi penelitian, hipotesis, serta sistematika penulisan

 

 

BAB II :   LANDASAN TEORI

Bab ini membahas tentang pengertian kepelabuhanan, pengertian kapal, pengertian kepanduan, sistem dan prosedur pemanduan kapal, pengertian manajemen sumber daya manusia, pengertian kualitas pelayanan da hal-hal lain yang relevan dengan topik penelitian.

 

BAB III : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

Bab ini menyajikan gambaran umum perusahaan, sejarah  perkembangan perusahaan, visi dan misi perusahaan, tugas pokok perusahaan, organisasi dan manajemen perusahaan, serta kegiatan usaha perusahaan.

 

BAB IV :   ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini akan dilaporkan hasil analisis peran pandu pada pelabuhan tanjung priok, hasil analisis pelayanan keluar masuk kapal pada pelabuhan tnjung priok dan hasil analisis hubungan peran pandu terhadap pelayanan keluar masuk kapal pada pelabuhan Tanjung Priok, tahun 2009 dengan menggunakan rumus-rumus statistik yang telah dibahas pada bab I.

 

BAB V    :  PENUTUP

Merupakan bab terakhir dari keseluruhan isi skripsi yang memuat kesimpulan dari pembahasan pada bab IV serta saran-saran yang dianggap perlu untuk bahan pertimbangan perusahaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: