Philipus Seleky/Transportasi laut add dari internet/Nim 224308039

Philipus Seleky

Transportasi Laut add dari Internet.

N I M : 224308039.

KM Gunung Dempo Beroperasi Bulan Depan

TEMPO Interaktif
PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) mentargetkan KM Gunung Dempo mulai beroperasi Agustus mendatang. Kapal penumpang rakitan perusahaan galangan kapal Meyer Werft Jerman itu sudah merapat di Terminal Penumpang Nusantara Pura II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (16/07) lalu.

“Saat ini masih memenuhi local content,” kata Direktur Usaha PELNI Jusabela Sahea ketika dihubungi, Selasa (22/7). Rencananya, KM Gunung Dempo akan dioperasikan pada rute Jakarta-Surabaya-Maksar-Ambon-Sorong-Biak/Serui-Jayapura.

KM Gunung Dempo ditargetkan beroperasi mandiri, artinya biaya operasional dapat ditutup dari pendapatan dan tidak mengandalkan dana public service obligation (PSO).

Menurut Jusabela, pendapat akan digenjot dari pengangkutan kargo. Pendapatan kargo maksimal kapal itu dengan mengangkut 98 kontainer setara dengan pendapatan dari 1000 penumpang yang diangkut.

Jusabela menjelaskan, selama ini tarif kapal-kapal PELNI hanya menutup 40 persen biaya operasional, terlebih setelah kenaikan harga minyak. Kontribusi bahan bakar kapal mencapai 60 persen dari biaya operasional.

Pemerintah menetapkan tarif kapal Pelni Rp 415,80 per penumpang per mil. Asumsinya, biaya pokok ditetapkan Rp738,93 per penumpang per mil. Selisihnya ditutup dengan kucuran dana public service obligation (PSO), yang tahun ini sebesar Rp 850 miliar.

Upaya mengandalkan pada pendapatan kargo tersebut didukung desain KM Gunung Dempo. Selain berkapasitas untuk 1583 penumpang beserta 141 awak kapal, kapal itu juga mampu mengangkut hingga 98 TEUs (98 kontainer ukuran 20 feet).

KM Gunung Dempo memiliki panjang 146,80 meter, berbobot 14.200 GT, dengan kecepatan berlayar lebih dari 20 knot. Biaya pembuatannya 75 juta Euro atau sekitar 800 miliar rupiah dengan fasilitas pinjaman lunak dari Jerman dengan konsesi 30 tahun.

<< back..

Rumusan masalah :

Pemerintah dalam hal ini PT.Pelni berusaha menambah armadanya  untuk memenuhi permintaan transportasi laut di Indonesia dengan biaya operasional sekecil mungkin untuk menutupi deficit kerugian yang terjadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: