Tugas Mandiri. Asep. S. Bp3ip STMT11

Tugas Perorangan Skripsi Seminar Bab 1
Nama : Asep Saefulrahman
Trisakti Bp3ip : 244 308 040

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu dan teknologi modern dalam mengolah bahan simber daya mineral, yang terkandung dalam perut bumi telah banyak menghasilkan berbagai sumber daya alam dan minyak bumi. Produk dari minyak bumi yang dihasilkan diantaranya adalah aspalt, solar, kerosin, premium, gas alam cair dan masih banyak lagi. Masing-masing dari jenis produk tersebut dibutuhkan penanganan sistim produksi ( pengolahan ) secara teliti dan professional karena produk-produk tersebut adalah sumber energi utama Dunia. untuk sistim distribusi agar bisa memenuhi kebutuhan minyak dunia, maka dibutuhkan moda tansfortasi dalam hal ini kapal – kapal tanker yang aman untuk menjaga kualitas dan kuantitasnya.
Dalam meningkatkan mutu pelayananya dalam memuat jenis muatan yang berbahaya dan mudah terbakar dengan sendirinya, karena terdapat tiga unsur api dan untuk memutus mata rantai dari ketiga unsur tersebut agar tidak menimbulkan kebakaran.maka kapal tanker dilengkapi dengan alat pemadam yang sangat lengkap dan dibutuhkan awak kapal yang mempunyai keahlian dan keterampilan khusus. dan kecelakaan lain seperti kejadian kapal tenggelam, tabrakan, pembajakan, kandas, orang jatuh kelaut, kerusakan kemudi,dan pencemaran dilaut, dan lainnya. Fenomena ini menentukan betapa mutu SDM (sumber daya manusia) yang bekerja diatas kapal sangat menentukan. Karena banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi diatas kapal oleh karena kesalahan manusianya ( human error ). Faktor-faktor yang dihadapi penyebab terjadinya kecelakaan diatas kapal antara lain.
menunjukan ketidak trampilan dan kedisiplinan dalam mematuhi aturan kerja, kurangnya pengetahuan anak buah kapal tentang pentingnya pelatihan di atas kapal. Kurangnya disiplin anak buah kapal mentaati peraturan keselamatan kerja diatas kapal dapat menimbulkan kecelakaan. latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, ditambah factor diluar kendali manusia itu sediri seperti cuaca buruk, alur pelayaran sempit dan sibuk ( traffic density ), route pelayaran jarak pendek.namun factor-faktor tersebut bukan suatu kendala, ketentuan-ketentuan tentang keselamatan harus tetap dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan ( zero accident ).
Maka dari itu orang yang bekerja diatas kapal dalam hal ini tangker harus dibekali dengan pendidikan dan pelatihan secara intensif yang memenuhi standard dan di perlukan juga ketelitian untuk, kepekaan dan kedisiplinan untuk keselamatan menghindari kecelakaan kerja dilaut yang mengakibatkan kerugian mental material, hilangnya nyawa seseorang dan harta (asset) perusahaan.
Guna meyakinkan bahwa semua aturan telah dijalankan dengan benar, maka setiap kapal diadakan internal audit dari perusahaan dan external audit dari biro klasifikasi, pihak pencharter dan Port State Pontrol ( PSC ) di pelabuhan seluruh dunia yang telah meratifikasi ISM code ( international safety management ) pengecekan ( audit ) berkisar pada dokumen kelengkapan kapal, kontruksi kapal,alat-alat dan sarana keselamatan yang ada diatas kapal juga kecakapan anak buah kapal sesuai dengan bidang,tingkatan dan jabatan diatas kapal. ISM sendiri adalah suatu code internasional yang bertujuan untuk memastikan kapal dioperasikan dengan benar untuk menjaga keselamatan dan mencegah kecelakaan kapal, manusia ( penumpang ), muatan, harta perusahaan dan pencemaran lingkungan.
Berdasar latar belakang tersebut diatas maka penulisan skipsi ini berjudul :
“HUBUNGAN PELATIHAN DENGAN TINGKAT KECELAKAAN KAPAL TANKER MILIK PT. STELLAR SHIPMANAGEMENT
PERIODE 2003 – 2008”

B. Perumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat disusun identifikasi masalah yang timbul sebagai berikut :
a. Kurangnya pengetahuan anak buah kapal tentang pentingnya pelatihan
diatas kapal.
b. Pentingnya pengawasan dan pelatihan anak buah kapal untuk keselamatan
kerja diatas kapal yang dapat mencegah kecelakaan
c. Route pelayaran jarak pendek yang mengurangi waktu latihan keselamatan
d. Kurangnya perawatan dan pemeliharaan terhadap alat-alat keselamatan
e. Latar pendidikan yang berbeda-beda
2. Pembatasan Masalah
Oleh karana luasnya permasalahan dan agar masalahnya tidak melebar lebih
Jauh, maka sebagai batasan dalam penulisan proposal ini hanya akan
membahas tentang hubungan pelaksanaan pelatihan tehadap tingkat
keselamatan kerja diatas kapal tangker milik PT. Stellar Shipmanagement
periode 2006 – 2008. Sesuai dengan pengalaman kerja penulis sewaktu
bekerja diatas kapal tanker PT Stellar Shipmanagement.
3. Pokok Permasalahan
Dalam skripsi ini,dari pengalaman dan pengamatan Penulis selama bekerja diatas kapal, baik langsung maupun tidak langsung penulis mencoba merumuskan pokok permasalahan lebih obyektif sebagai berikut :
a. Bagaimana pelaksanaan pelatihan diatas kapal tanker ?
b. Bagaimana tingkat kecelakaaan diatas kapal tangker ?
c. Apakah ada hubungan / kesesuaian antara pelatihan tehadap tingkat keselamatan di atas kapal milik PT Stellar Shipmanagement ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Adapun Tujuan Penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah :
a. Untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana pelatihan yang dilaksanakan diatas kapal tanker PT. Stellar Shipmanagement.
b. Untuk mengetahui bagaimana tingkat kecelakaan diatas kapal tanker milik PT. Stellar Shipmanagement.
c. Untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara pelaksanaan pelatihan dengan tingkat keselamatan kerja diatas kapal tangker milik
PT. Stellar Shipmanagement.

2. Manfaat Penelitian
a. Bagi Peneliti
1. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta sebagai bahan
perbandingkan dan pengembangkan ilmu yang telah didapat selama
kuliah di Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti Jakarta
dengan pengalaman penulis bekerja diatas kapal khususnya masalah
manfaat pelatihan terhadap tingkat kecelakaan kapal tanker milik
PT. Stellar Shipmanagement.
2. Sebagai salah satu syarat kelulusan dan untuk meraih gelar Sarjana
program S1 di Sekolah Tinggi Manejemen Transpor “TRISAKTI”
b. Bagi Perusahaan
Penelitian ini dapat dijadikan masukan atau saran bagi kebijakan kebijakan tentang pentingnya pelatihan untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas, baik dari sumber daya manusianya maupun fasilitas untuk keselamatan dilaut khususnya kapal milik PT. Stellar Shipmangement dan pada kapal-kapal milik perusahaan yang lain.
c. Bagi Lembaga ( STMT TRISAKTI )
Penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi dan pengetahuan bagi lembaga, tentang pentingnya tingkat keselamatan kerja di atas kapal dalam hal ini sebagai acuan dikapal tanker milik PT. Stellar Shipmanagement.

D. Metodologi Penelitian
1. Jenis dan sumber data
Untuk memperoleh ang diperlukan dalam penelitian ini maka penulis mendapatkan data-data yang terdiri atas :
a. Populasi dan Sampel
1) Populasi
Yang dimaksud dengan populasi adalah suatu jumlah keseluruhan objeck yang diteliti dalam hal ini jumlah pelatihan ( Drill) diatas
semua kapal milik PT Stellar Shipmanagement sebanyak =6960
kali dan jumlah kecelakaan ( Ships accident ) sebanyak = 151 kali pada 20 (dua puluh) kapal selama 6 tahun dari tahun 2003 sampai
dengan tahun 2008.
2) Sampel
Sampel adalah bagian dari populasi yang betul-betul refresentatif
Untuk diteliti sehingga kesimpulanya akan dapat diberlakukan
Untuk populasi, yaitu jumlah pelatihan = 6320 kali dan kecelakaan
Sebanyak = 62 kali,pada 7 (tujuh) kapal selama 6 tahun dari tahun
2003 sampai dengan tahun 2008.
b. Penelitian Lapangan ( field research )
yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara peninjauan pada objek
dilapangan yakni diatas kapal tangk tanker milik PT. Stellar
Shipmanagement, hal ini dimaksud untuk memperoleh data Primer,
sekunder dan informasi penelitian dalam penyusunsan skripsi
Adapun cara yang di laksanakan adalah :

1) Wawancara ( Interview )
Yaitu tehnik Pengumpulan data dengan cara bertanya
secara langsung melaui telepon,internet kepada pihak-pihak
yang berhubungan dengan materi yang dibahas.
2) Pengamatan (observation)
yaitu tehnik pengumpulan data dengan cara pengamatan
langsung dan informasi dilapangan sesuai pengalaman
selama penulis bekerja terhadap perusahaan yang menjadi
objek penelitian.
c. Riset Kepustakaan ( Library Research )
Riset kepustakaan yang diperoleh dengan membaca buku-buku teks, buku
buku perkulihaan dan literatur – literatur lainnya yang berkaitan dengan
masalah yang dibahas.
2. Metode Analisis Data
Adapun metode analisis data yang digunakan adalah teknik statistik, yaitu
a. Analisis regresi linear
Untuk menganalisis data dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat dan untuk mengetahui adanya hubungan yang proporsional antara variabel x dan y.
Rumus persamaan regresi linear adalah ( Sugiyono : 1986:367 )

Dimana :
Y= Variabel tidak bebas / terikat (dependent variable), yaitu jumlah kecelaan (accident )
X= Variabel Bebas (independent variable), yaitu jumlah latihan ( Drill ) di atas kapal
Konstanta
Koefisien Regresi
n= Jumlah sampel observasi
Nilai a dan b dapat dihitung dengan menggunakan rumus :
a =

b =

b. Koefisien Korelasi ( r )
Untuk menghitung besarnya hubungan antara variabel X dan variabel Y digunakan rumus koefisien korelasi (Sugiyono 2004: 213) sebagai berikut:
r =
Keterangan :
X = Variabel bebas (jumlah pelatihan)
Y = Variabel terikat (jumlah banyaknya kecelakaan)
n = Banyaknya data,sampel yang digunakan
r = Koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y

Nilai dari koefisien korelasi inti paling kecil ialah -1 dan paling besar adalah +1 yang berarti :
1. Jika r = 0, atau mendekati 0, artinya tidak ada hubungan antara variabel X dan variabel Y atau hubungan sangat lemah sekali.
2. Jika r = +1, atau mendekati 1, artinya ada hubungan yang sangat kuat dan positif antara variabel X dan variabel Y.
3. Jika r = -1, atau mendekati -1, artinya ada hubungan yang sangat kuat tetapi negatif antara variabel X dan variabel Y.

Pedoman untuk memberikan interpretasi terhadap koefisien korelasi

Interval Koefisien
Tingkat Hubungan
0,00 – 0,199 Sangat rendah
0,20 – 0,399 Rendah
0,40 – 0,599 Sedang
0,60 – 0,799 Kuat
0,80 – 1,000 Sangat kuat
Sumber : sugiyono (2003:214)

c. Koefisien Penentu (Kp)
Apabila koefisien korelasi dikuadratkan, akan menjadi koefisien penentu (Kp) yang artinya penyebab perubahan pada variabel X, sebesar kuadrat koefisien korelasinya. Koefisien penentu ini menjelaskan besarnya pengaruh nilai suatu variabel.
Dirumuskan : ( J Supranto 1988:250 )
Kp= r2 x 100%
d. Uji hipotesis
1) Hipotesis awal
Ho : ρ = 0 berarti Tidak ada hubungan yang signifikan antara X dan Y
Atau hubungan sangat lemah
Ha : ρ < 0 berarti ada hubungan yang signifikan antara X dan Y
2) Uji t.hitung untuk menentukan signifikan hubungan antara variabel X dan Y dengan rumus :
t hit =
t hit = t hitung
3) Bandingkan t.hitung dengan t. tabel
ttabel =( 2 ; df = n – 1 )
4) Kesimpulan dalam skripsi ini, uji hipotesis yang penulis lakukan adalah menggunakan uji dua arah (two tail)
E. Hipotesis
Berdasarkan perumusan masalah yang ada maka dalam penelitian in penulis
Menggunakan diduga terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara
Pelatihan dengan tingkat kecelakaan, semakin sering pelatihan maka angka
Kecelakaan akan semakin menurun.
A. Sistematika Penulisan Skripsi
Untuk memudahkan penyajian skripsi ini, maka penulis menyusunnya dengan sistematika penulisan dibagi 5 bab dan masing-masing bab terdiri dari sub bab sebagai berikut :

Bab I Pendahuluan
Pada bab ini diuraikan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, hipotesis penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan.
Bab II Landasan Teori
Pada bab ini diuraikan mengenai pengertian sumber daya manusia (crew kapal), pelatihan keselamat kerja (Drill), dan informasi tentang kapal tangker.
Bab III Gambaran Umum PT. Stellar Shipmanagement Singapura
Bab ini berisi hal-hal yang mencakup sejarah singkat perusahaan, manajemen dan organisasinya serta kegiatan usaha PT. Stellar Shipmanagement.
Bab IV Analisis dan Pembahasan
Pada bab ini penulis akan menganalisis dan membahas tentang pelatihan ( Drill ),analisis tingkat keselamatan kerja diatas kapal tangker.
Bab V Penutup
Berisi kesimpulan dan saran terhadap masalah dalam skripsi ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: